Manfaat Kunyit sebagai herbal alami

(No comments)

Siapa yang tidak mengenal yang namanya kunyit.Kunyit banyak sekali dipakai untuk kebutuhan sehari hari sebagai pelengkap bumbu masakan,sehingga kunyit sangat dikenal oleh banyak masyarakat.Sebagai bumbu masakan,kunyit biasanya dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ikan.Jadi ibu ibu rumah tangga yang mau mengolah ikan segar,terutama untuk mengolah ikan air tawar yang berbau sangat amis.Dengan kunyit menambahkan kunyit ,bau amis tersebut akan hilang.

Selain untuk kebutuhan mengolah ikan segar,kunyit dalam memasak juga umum dipakai sebagai penghasil warna kuning alami.Masakan yang menggunakan kunyit sebagai pewarna sekaligus penambah aroma adalah nasi kuning yang lezat sekali rasanya.Dibalik manfaat kunyit sebagai bahan pengolah masakan,ternyata masih banyak terdapat manfaat yang lebih besar lagi sebagai obat alami.

Kunyit sebagai Herbal Alami:Dengan cara pengolahan yang sederhana,biasanya masyarakat menggunakan kunyit untuk meredakan sakit panas anak atau minuman untuk membantu pemulihan tubuh anak yang habis sakit.Karena kunyit juga memilki khasiat herbal alami yang bisa membangun sistem kekebalan tubuh.

Walaupun pemanfaatan kunyit sebagai jamu sudah dimulai sejak jaman dahulu secara turun temurun,namun tidak sebanyak penggunaanya untuk saat ini.Hal ini karena antusias masyarakat terhadap pengobatan alamiah.Masyarakat saat ini mulai mengerti bahwa yang bersumber asli dari alam akan memberikan manfaat yang aman.Masyarakat sekarang sudah mulai banyak yang merasakan bahwa obat kimia yang dibuat secar modern ternyata banyak memberikan efek samping yang negatif.Untuk itulah,industri farmasi saat ini sudah mulai yang banyak melirik untuk menggunakan bahan asli dari alam/herbal.

Kunyit dalam bahasa ilmiahnya Curcuma Domestica Val banyak tumbuh terutama didaerah China,Srilanka, India dan Indonesia.Di indonesia sendiri kunyit hampir bisa ditemukan diseluruh daerah dan kepulauan yang ada.Karena sudah dikenal khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan,saat ini kunyit sudah mulai dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan pasar industri.

Zat yang terkandung pada kunyit antara lain:Zat anti radang, Zat antiseptik dan pencegah kanker.kunyit juga merupakan jenis obat herbal yang berfungsi sebagai imunostimulan untuk menjaga keseimbangan stamina.Kunyit bisa dicampur dengan berbagai jenis obat herbal lain dan tanpa menimbulkan efek samping walaupun dikonsumsi setiap hari.

Kunyit juga dikenal memilik khasiat untuk menghilangkan maag, keputihan,haid yang tidak lancar agar cepat selesai sekaligus juga dapat menghilangkan rasa nyeri haid.

Kunyit untuk mengatasi keputihan:Caranya Ambil 2 rimpang kunyit, 1 gagang buah asam, 1 genggam daun beluntas,air 1 liter dan 1 potong gula kelapa .Semua bahan tersebut direbus dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih,dinginkan dan kemudian saring.Minum 1 gelas sehari.

Kunyit untuk mengatasi haid tidak lancar:Ambil 2 rimpang kunyit,1/2 sd teh biji pala , 1/2 sd teh ketumbar dan 1/2 genggam daun srigading.Tumbuk semua bahan sampai halus kemudian rebus dengan 1 liter air.Dinginkan dan saring,minum 1 gelas sehari.

Kunyit untuk pengobatan tifus:Ambil 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.Tumbuk semua bahan sampai halus lalu dipipis.Tambahkan 1 gelas air yang sudah di masak yang masih hangat kemudian disaring.Cara pemakaian,minum selama 1 minggu berturut turut setiap hari.

Demikian banyak manfaat kunyit,sebuah bahan alami yang mudah didapat disekeliling kita.Walaupun harganya murah,untuk persediaan jika ada kebutuhan sewaktu waktu adna bisa menana sendiri.Tidak perlu butuh lahan yang banyak,cukup tanam dipojok pekarangan atau disamping rumah anda.Kunyit sangat mudah hidup dan berkembang,hanya diberi sedikit pupuk kandang dan rutin disirami jika musim kemarau.

Artikel terkait:

Post a Comment

Herbal-Piaraan-Budidaya - All Right Reserved.Diberdayakan Oleh Blogger